Looking for something?

5 Makanan khas Batak

Suku Batak mengacu pada sebuah kelompok etnis yang mendiami wilayah Sumatera Utara. Selain tradisi, budaya, dan rumah mereka yang unik, suku ini memiliki berbagai macam makanan yang mencakup makanan yang diawetkan menggunakan rempah-rempah lokal, seperti Andaliman (Batak Pepper), Bunga Honje, Asam Cikala (buah seperti nanas), dan Lokio (sejenis Bawang).

Apalagi, ikan air tawar, ayam, dan bahkan daging darah dan anjing kadang-kadang digunakan. Berikut adalah beberapa hidangan Batak yang lezat yang harus Anda coba sambil menikmati pemandangan panorama Danau Toba.

1. Arsik ikan mas.

Ikan Mas adalah bahan utama hidangan Batak legendaris yang dikenal sebagai Arsik. Hidangan khas ini sebagian besar bercitarasa asam, manis, pedas, dan sedikit gurih. Ikan mas direndam air jeruk nipis dan rempah-rempah. Kemudian, ditambah dengan ramuan seperti basil Thailand, serai, dan manggokan atau daun piring dan dikukus dengan panas sedang.

2. Naniura

Tidak seperti masakan ikan Indonesia lainnya, yang biasanya digoreng atau dimasak lambat, Naniura selalu dimakan mentah.

Versi sashimi Sumatera ini diawetkan dengan rempah-rempah, yaitu lada Andaliman, kunyit, kemiri, jahe, dan cabai, di mana ikan direndam selama sekitar lima jam. Fakta yang menarik adalah bahwa makanan ini digunakan untuk hanya dikonsumsi oleh keluarga kerajaan.

3. Mie Gomak

Mie Gomak direkomendasikan untuk pencinta mie dan sering dijuluki “Batak spaghetti”. Pasta panjang direbus dan dihiasi dengan sayuran tumis seperti chayote, bayam, dan kubis.

Kaldu oranye, terbuat dari air dan rempah-rempah tanah, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, cabe merah, dan jahe, ditambahkan, serta air kelapa. Akhirnya, semua itu diberi telur rebus.

4. Dali Ni Horbo

Jika Anda berpikir keju hanya berasal dari benua Eropa, Anda benar-benar salah. Ternyata orang-orang Batak menggunakan susu kerbau untuk membuat keju mereka sendiri, yang dikenal sebagai Dali Ni Horbo.

Sumber: Tour Toba

Keju putih biasanya merupakan bagian dari menu utama di festival tahunan. Untuk menyingkirkan bau busuk, penduduk setempat menggunakan nanas dan gilingan daun pepaya.

5. Tanggo Tanggo

Makanan Batak bukan hanya terdiri dari ikan air tawar dan darah – Tanggo Tanggo adalah buktinya, terbuat dari domba. Domba ditumis dengan bawang Batak, yang dikenal sebagai lokio, lada Andaliman, dan lengkuas. Santan ditambahkan ketika daging empuk dan enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish