Looking for something?

5 Makanan khas Surabaya

Jika Anda menyukai masakan Indonesia,  Anda harus menjadi pelanggan setia restoran Indonesia terdekat di suatu tempat di negara Anda.

Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak jenis masakan Indonesia yang hanya dapat Anda cicipi dengan bepergian ke daerah-daerah tertentu di Indonesia di mana makanan ini berasal?

Jika Anda kebetulan berada di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia (atau kota-kota di sekitarnya), ada makanan lokal tertentu yang harus Anda coba, yang hampir tidak mungkin ditemukan di daerah Anda dan hampir tidak ada di daerah lain di Indonesia!

Berikut ini 5 hidangan paling lezat dari Jawa Timur, Let’s Check it out!

1. Rawon, sup daging sapi gelap.

Nasi Rawon Empal Kisi, Bik Atik, Banyuwangi, Jawa Timur

Rawon mungkin merupakan salah satu sup paling gelap di dunia. Ini sup daging sapi hitam yang sangat gurih, di mana warnanya berbeda dengan nasi kukus putih murni yang selalu hadir dengannya.

Warna gelap berasal dari jenis ramuan bernama ‘Kluwak’, terbuat dari kacang kluwak ‘diproses, yang juga membuat Rawon rasanya sedikit pahit.

2. Rujak Cingur, salad pedas hidung daging sapi.

Indonesia memiliki beberapa jenis salad pedas, tetapi ‘rujak cingur’ (hidung daging sapi dan salad pedas) sulit ditemukan, kecuali ketika Anda bepergian ke Jawa Timur.

Ini berisi sayuran mentah dan buah-buahan, seperti mentimun, nanas, dan mangga muda, termasuk yang mungkin sulit ditemukan di daerah Anda, seperti kale (mirip dengan bayam, tapi lebih renyah) dan ‘bengkoang’ ( sejenis akar tanaman yang renyah dan berair).

Hidung daging sapi (bagian atas) adalah bagian tak terpisahkan dari salad pedas ini, yang jika Anda belum pernah memakannya sebelumnya, Anda akan terkejut menemukan bahwa itu adalah potongan daging sapi yang paling kenyal!

Biasanya dimakan dengan kerupuk, ini mungkin salad paling gelap di dunia, karena bahan utama dalam saus pedas adalah sejenis udang yang difermentasi bernama ‘petis’, yang gelap dan amis.

3. Lontong Balap.

‘Lontong balap’ adalah makanan khas Surabaya. Tidak heran orang-orang dari daerah lain di Indonesia selalu menantikan makan lontong balap, karena ini adalah salah satu hal yang paling terkenal di Surabaya.

Ini adalah sup daging sapi coklat dengan lontong (kue beras Jawa), tauge, tahu goreng, dan ‘lento’ (kue kacang hijau goreng), dengan bawang goreng. Untuk ‘lontong balap’ yang paling populer di antara penduduk setempat, kunjungi ‘Lontong Balap Pak Gendut’, ‘warung kaki lima’ (sebutan untuk warung yang terletak di pinggir jalan), yang terletak di Jalan Kranggan.

Warung ini sudah ada sejak tahun 1956 dan selalu penuh dengan penggemar ‘lontong balap’, terutama saat makan siang.

4. Lontong Kikil.

Dari 5 makanan Surabayan yang berbeda, makanan ini benar-benar tidak boleh dilewatkan karena ini adalah makanan yang harus dicoba oleh banyak orang Jawa di Jawa Timur ketika mereka mengadakan pesta besar atau pernikahan.

Seperti banyak daerah lain di Asia, hampir semua bagian dari sapi dapat dimakan, termasuk kaki, yang sebenarnya adalah salah satu bagian paling gemuk.

Jika Anda berada di Surabaya, sangat disayangkan jika Anda melewatkan makan ‘lontong kikil’, sup daging sapi yang kental dan gurih dengan ‘lontong’ dan ‘kikil’, kaki sapi. Kabar baiknya, Anda tidak perlu menghadiri pesta pernikahan untuk memakannya.

Anda dapat pergi ke ‘Jalan Kutai’, di mana Anda akan menemukan ‘truk makanan’ (empat, atau lebih kendaraan beroda yang berfungsi sebagai penjual makanan) bernama ‘Lontong Kikil Kutai Jaya’, yang memiliki meja dan kursi untuk pelanggan. Buka setiap hari sampai jam 11 malam.

5. Nasi Goreng Jancuk

Masakan nasi goreng memang mudah ditemukan di banyak tempat, tetapi kuliner nasi goreng jancuk Surabaya ini tak bisa Anda lewatkan begitu saja ketika berada di kota ini.

Kuliner Surabaya ini dinamakan naso goreng jancuk karena rasa nasi goreng ini super pedas dengan porsi yang cukup besar sehingga cukup untuk disantap bersama beberapa orang.

Nasi goreng pedas ini dimasak dicampur dengan irisan ayam, potongan udang, daging kepiting, telur, dan sambal terasi disajikan dengan acar dan kerupuk udang. Bertempat disalah satu restoran hotel, nasi goreng jancuk menjadi incaran oleh para penikmat kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish