Looking for something?

Makanan Khas Sukabumi Yang Perlu Kamu Ketahui

Sukabumi, sebuah kota di Jawa Barat, menawarkan berbagai kuliner khas yang unik yang dijual di jalanan kota selama puluhan tahun dan telah membuat para foodies tak bisa lupa akan sensasi nuansa dan rasanya.

Di bawah ini beberapa rekomendasi makanan khas di Sukabumi yang layak dicoba :

☆ Nasi Uduk Ungu

Saat beras umumnya berwarna putih, kuliner ini nampak ungu di restoran.

Ungu berasal dari bit dan ubi jalar, yang menambahkan lebih banyak keunikan dan manfaat ke dalam hidangan. Nasi disajikan dengan ayam goreng, tahu, tempe, sayuran segar, sambal dan telur tipis.

Satu porsi nasi ungu dihargai Rp17.500. Restoran ini juga menjual nasi hijau dengan cabai sebagai pewarna alami. Penasaran? Kunjungi :

Mamih Ungu Resto
Jalan Brawijaya No. 16, Sukabumi
Buka mulai pukul 10:00 hingga 22:00

☆ Bandros Trotoar

Bandros Ata, adalah warung bandros yang dikenal sebagai “Bandros Trotoar (trotoar)” karena lokasinya di trotoar di Jl. Gudang, Sukabumi. Pelanggan memadati trotoar di sekitar kios sepanjang malam hingga hampir fajar. kue yang lembut di bagian atas dan renyah di bagian bawahnya, memang cocok untuk teman kencan larut malam. Anda dapat membelinya seharga Rp8000 per baki.

Bandros Ata
Jalan Gudang No. 4, Sukabumi
Buka dari pukul 20:30 hingga 06:00

☆ Wedang Paris (Paris Hot Drink)

Di depan area Kota Paris di Sukabumi, Anda akan menemukan warung yang menjual wedang ronde.

Karena lokasinya, minuman panas ini disebut Paris Hot Drink. Ronde disajikan dalam mangkuk dengan mochi — kue ketan — dan taburan kacang dengan kaldu jahe.

Minuman ini dijual seharga Rp7.500. Di sini minuman panas lainnya yang disebut jakur (campuran jahe dan laos) dijual dengan harga yang sama per gelas.

Wedang Ronde Paradise

Jalan Ahmad Yani No. 319 (di depan Salon Paradise), Sukabumi

Buka mulai pukul 17:00 hingga 23:00

Bubur Ayam Legenda “Odeon”

Siapa yang tak kenal bubur ayam? Hampir semua orang tahu jenis makanan paling umum ini, dan hampir semua orang sudah pernah merasakan kuliner khas yang konon tersohor dari Cianjur ini.

Namun siapa sangka bahwa kuliner “biasa” dan normal dikalangan masyarakat ini dapat menjelma menjadi salah satu “the legend”, hanya dengan topping tambahan, penyajian, dan lauk pendamping yang divariasikan sesuai selera?

Itulah yang terjadi dengan salah satu kuliner legend yang ada di kota Sukabumi, tepatnya ada di daerah Odeon. Dan, sesuai dengan nama tempatnya, bubur ayam ini terkenal dengan nama “Bubur Ayam Odeon” the legend. Odeon sebenarnya adalah sebuah daerah di Sukabumi yang menjadi pusat kebudayaan Tiong Hoa. Bisa dikatakan inilah China Town nya Sukabumi.

Apa sih yang istimewa dengan kuliner ini? Sehingga bisa melegenda? Buburnya mungkin biasa, tapi, lauk pendampingnya dan toppingnya yang luar biasa. Ya, irisan ayam, bebek, atau babi terhidang terpisah dengan buburnya. Sehingga bisa dikatakan Sebagai “Bubur Hainam”.

Penasaran ingin mencobanya? Silakan datang ke tempatnya langsung dengan alamat di

jalan Pajagalan no 33/50,
Nyomplong, Warudoyong.
Kota Sukabumi, Jawa Barat.
43131

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish