Looking for something?

Makanan Khas Tibet

Kuliner Tibet, makanan dan minuman di sana, sebagaimana orang Tibet dan budaya mereka, memiliki karakter yang sangat berbeda.

Beberapa wisatawan mungkin tidak menyukai rasa makanan gaya Tibet dan bahkan memberikan masakan Tibet reputasi yang buruk. sementara yang lain menyukainya dan berpikir itu tidak seburuk itu, dan patut dicoba.

Entah itu enak atau tidak, Anda harus mencobanya sendiri. bahkan jika Anda telah menjelajahi semua atraksi Tibet, perjalanan Anda ke Tibet tidak pernah lengkap tanpa mencoba makanan Tibet.

Orang Tibet memiliki makanan dan minuman unik karena kondisi geografis khusus dari ketinggian, iklim yang keras, kepercayaan agama tradisional mereka dan adat istiadat etnis. diet harian terutama terdiri dari daging, susu dan makanan protein tinggi lainnya untuk membantu mereka melawan dingin. Orang Tibet sering makan banyak daging yak dan kambing tetapi mereka tidak makan kuda, anjing, keledai, atau bahkan ikan.

Berikut beberapa makanan khas Tibet :

☆Tsampa

Tsampa (糌粑) adalah sejenis tepung barley bakar dan salah satu makanan pokok di Tibet. Orang Tibet makan Tsampa setiap hari dan membawanya sebagai makanan siap saji saat bepergian. Jika Anda mengunjungi keluarga Tibet sebagai tamu, mereka akan menyajikannya dengan teh ringan yang lezat, Tsampa dan banyak hidangan lokal. adonan yang dibuat dengan tepung barley bakar dan ghee (mentega yak) adalah makanan khas lokal Tibet.

Ada 2 metode dasar untuk membuat dan memakan Tsampa. cara yang paling umum adalah cukup sederhana: pertama-tama keringkan jelai dataran tinggi dengan pasir dalam wajan lalu remas jelai gandum yang sudah kering menjadi tepung, aduk, dan campurkan bubuk barley dengan teh Tibet mentega untuk dimakan.

☆Daging sapi dan kambing hitam

Daging sapi dan daging kambing mengandung protein tinggi yang membantu menangkal dingin, yang membuat daging sapi (daging yak) menjadi daging paling populer yang dimakan oleh orang Tibet. Banyak orang Tibet sering makan daging mentah berupa daging sapi segar lembut dan lezat sementara yang lain merebus daging sapi dan daging kambing dengan jahe, garam dan rempah-rempah. potongan daging sapi dan kambing kering juga populer di Tibet, kini menjadi spesialisasi pariwisata. Daging kering mungkin sulit dikunyah tetapi rasanya enak. Selain itu, daging kering dapat disimpan lama dan berguna saat bepergian jarak jauh.

☆Mie Tibet (Thenthuk atau Thukpa)

mie tibet (藏 面) biasanya disajikan dengan sayuran sederhana, daging sapi potong dadu, daun bawang cincang. Mereka yang tinggal di kota-kota Tibet lebih suka memakan mie Tibet dan teh manis sebagai sarapan mereka. Beberapa restoran juga menyajikan acar lobak dan saus sambal untuk membumbui mie. beberapa orang mengatakan sup mie Tibet adalah yang paling menyenangkan untuk makanan karena supnya terasa enak bersama dengan sedikit bawang merah untuk tetap hangat.

☆Susu Curd dan Yogurt

Orang Tibet yang tinggal di daerah dataran tinggi sebagian besar menaikkan yak dan domba Tibet; hasilkan makan ekstensif dari makanan yang relevan. selain itu, wisatawan akan mengetahui orang Tibet makan semua jenis produk susu, termasuk ghee (mentega), daging, yogurt, dan susu dadih (Tibetan Cheese).

Susu curd atau bernama susu sedimen (凝乳) adalah sedimen padat dari susu rebus, yang rasanya asam. Orang Tibet membawanya ketika bepergian untuk menghindari perubahan lingkungan. Dadih susu dapat dimakan sebagai makanan ringan atau digunakan untuk membuat roti Tibet. Selain itu, dadih susu goreng rasanya juga enak tapi sangat sulit digigit.

☆Yogurt Tibet

adalah makanan wajib di Tibet. difermentasi dari susu yak, Yogurt Tibet rasanya lain dari yogurt biasa yang kita makan. Ini adalah makanan yang disajikan oleh orang Tibet dengan sejarah lebih dari 1000 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
en_USEnglish